Pemerasan Keluarga Pemerkosa Viral, Tersangka Warsodik Kabur ke Jakarta

Ilustrasi persekongkolan dan bagi-bagi uang (Gambar: Pixabay)

WARSODIK TERTANGKAP. Salah seorang dari dua buronan perkara pemerasan keluarga pemerkosa anak di Brebes, Jawa Tengah, itu berhasil dibekuk Kepolisian Resor (Polres) Brebes.

Semula Warsodik memang berniat kabur. Tahu kabar pemerasan keluarga pemerkosa anak di Brebes viral di media sosial, ia berusaha melarikan diri. Ia bersembunyi di rumah anaknya di Pulogebang, Cakung Jakarta Timur.

Warsodik (48), warga Desa Limbangan, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah kabur ke Jakarta karena tidak ingin diborgol oleh polisi. Ia pergi meninggalkan rumah, buron ke Jakarta, dan bersembunyi.

“Saya pergi meninggalkan rumah setelah tahu kasusnya viral. Makanya, saya pergi ke rumah anak di Cakung,” ujar Warsodik, Selasa (24/1).

Untuk tak dapat diraih, malang jatuh ke pelukan Warsodik. Aparat kepolisian berhasil “mencium” keberadaannya. Senin (23/1), ia ditangkap saat mengumpet di rumah anaknya.

Sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Brebes menetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus pemerasan kasus pemerkosaan anak di bawah umur.

Para tersangka itu mengaku dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Mereka diketahui meminta uang ratusan juta kepada keluarga pelaku pemerkosaan sebagai bentuk uang damai.

Hanya saja, keluarga pemerkosa hanya sanggup membayar Rp62 juta. Dari uang sebanyak itu, pelaku pemerasan cuma memberikan Rp30 juta kepada korban pemerkosaan. Sisanya, Rp32 juta, dibagi-bagi oleh para pelaku.

Warsodik mengaku ia juga menerima bagian dari Edi Sucipto‒komandan geng pemerasan berkedok uang damai itu. Ia mengklaim, memang hanya Rp1,6 juta besaran uang yang ia dan teman-temannya terima dari tersangka Edi Sucipto.

“Uang itu sudah saya gunakan buat makan dan sisanya tinggal empat ratusan ribu,” kata Warsodik membel diri.

Kendati mendapat “jatah” dari bos geng pemerasan, ia mengaku tidak tahu berapa jumlah uang sebenarnya yang diterima oleh Edi dari keluarga pelaku pemerkosaan.

Setelah Warsodik tertangkap, polisi tinggal memburu satu pelaku lain yang masih buron. (RDS)

Leave a Comment